Izz@tuN-NiS@

MELALAIKAN AMANAH : Jalan Menuju Kegagalan Dan Kehancuran

Posted on: 12 Mei 2007

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati 4JJI dan Rasul dan jangan juga kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS.Al-Anfaal 27)

Ayat di atas mengaitkan orang2 beriman dgn amanah atau larangan berkhianat. Bahwa diantara indikator keimanan seseorang adalah sejauh mana dia mampu melaksanakan amanah. Demikian pula sebaliknyabahwa cirri orang munafik adalah khianat dan melalaikan amanah2nya. Amanah, dari satu sisi dapat diartikan tugas, dan dari sisi lain diartikan kredibikitas dalam menunaikan tugas.

Wahai ikhwah Kuatkanlah keimanan dan ruhiyah kita, Kuatkanlah ilmu dan tsaqofah kita serta kuatkanlah fisik dan segala sarana yang dapat digunakan untuk memikul amahna. Dan 4JJI memerintahkan kita untuk mempersiapkan segala bentuk kekuatan. (QS 8 : 60).

Hidup ini tidak lain adalah sebuah safari atau perjalanan panjang dalam melaksanakan amanah dari 4JJI. Dalam hidupnya manusia dibatasi oleh 4 dimensi, bumi tempat beramal, waktu atau umur sebagai kesempatan beramal, nilai Islam yang menjadi landasan amal dan potensi diri sebagai modal beramal. Maka orang yang bijak adalah orang yang senantiasa mengukur keterbatasan2 dirinya untuk sebuah produktivitas yang tinggi dan hasil yang membahagiakan. Orang2 beriman adalah orang2 yang senantiasa sadar bahwa detik2 hidupnya adalah karya dan amal shalih. Kehidupannya di dunia sangat terbatas sehingga tidak akan disia2kan untuk hal2 yang sepal, remeh apalagi perbuatan yang dibenci (makruh) dan haram.

Setiap amanah akan dipertanggung jawabkan di hadapan 4JJI. Pertanyaan akan ditujukan atas amanah yang dibebankan kepada kita. Barangsiapa yang menunaikan amanah sekecil apapun, niscaya akan dilihat 4JJI. Dan barangsiapa yang melalaikan amanah sekecil apapun, niscaya akan dilihat. Manusia tidak akan dapat lari dari tanggung jawab itu, karena tempat yang ditinggali adalah bumi 4JJI, umur yang dimiliki adalah ketentuan 4JJI, potensi yang ada adalah anugerah 4JJI dan nilai Islam adalah tolak ukur dari pelaksanaan amanah tersebut. Kemudian mereka akan datang menghadap 4JJI.

Oleh Karen itu sekecil apapun amanah yang dilaksanakan akan memiliki dampak positif berupa kebaikan. Dan sekecil apapun amanah yang disia2kan, niscaya memiliki dampak negatif berupa keburukan. Dampak itu tidak hanya mengenai dirinya tetapi juga mengenai umat manusia secara umum. Bahaya yang sangat fatal adalah jika amanah da’wah tidak dilaksanakan shg kemaksiatan merebak, kematian hati, kerusakan moral dan tatanan sosial serta kepemimpinan di pegang oleh orang yang bodoh dan zalim.

Hidup adalah pilihan2 dan pilihan melaksanakan amanah adalah konsekuensi sbg manusi, sbg muslim san sbg da’i. Oleh karenanya sandaran yg paling baik adalah 4JJI, teman yg paling baik adalah orang2 sholeh dan kelompok yang paling baik adalah jama’ah Islam. Maka kuatkanlah hubungan dgn 4JJI dan tingkatkan ukhuwah Islamiyah niscaya kita akan sukses melaksanakan amanah itu, sebesar apapun. Marilah kita melaksanakan amanah yang diberikan 4JJI kepada kita dgn penuh keikhlasan. Marilah kita melaksanakan amanah yang dibebankan jama’ah kepada kita dgn penuh kesabaran dan lapang dada. Marilah kita melaksanakan amanah umat dengan penuh keseriusan dan tanggung jawab. Dan semuanya akan ditanya, sipakah kita? Jika tidak, maka akan terjadi kehancuran dan kerusakan.

(Riayah Ma’nawiyah – Tarbiyah)

2 Tanggapan to "MELALAIKAN AMANAH : Jalan Menuju Kegagalan Dan Kehancuran"

Assalamualaikum…

Kenapa ALLAH di ketik 4JJI ya? mohon dapat diperbaiki dan dituliskan dengan yang sebenar benarnya karena tulisan tersebut mengandung makna yang berbeda..

Terima kasih.

Assalamualaikum…

Kenapa ALLAH di ketik 4JJI ya? mohon dapat diperbaiki dan dituliskan dengan yang sebenar benarnya karena tulisan tersebut mengandung makna yang berbeda..

Mohon maaf jika tidak berkenan…

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: