Izz@tuN-NiS@

PERSIAPAN RAMADHAN

Posted on: 14 Juli 2007

Ramadhan2Tak terasa 2 bulan lagi kita akan kedatangan tamu suci bulan “Ramadhan”. 2 hari lagi bulan Rajab akan menghampiri kita. Allahumma Bariklana fi Rajaba Wa Sya’ban Wa Balliqna Ramadhan (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami bulan Ramadhan). Aaminn

Pertanyaan bagi kita apa yang sudah kita persiapkan untuk menyambut tamu agung nan suci itu???? Rasullulah saja mempersiapkan diri sejak 6 bulan sebelum Ramadhan tiba. Seharusnya kita juga seperti itu. Tapi bagi kita yang sampai saat ini belum punya persiapan apapun, bulan Rajab & Sya’ban adalah momen untuk kita berlatih agar ketika Ramadhan kita sudah benar-benar ready.

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut Ramadhan, diantaranya:

1. Pengkondisian Ruhiyah

Persiapan ruhiyah adalah yang terpenting. Jangan sampai kenikmatan Ramadhan baru kita rasakan ketika di akhir-akhir Ramadhan. Mulai sekarang, saatnya memperbaharui dan meningkatkan keimanan kita dengan qiyamullail, tilawah, zikir, dan amalan-amalan sunnah lainnya.

2. Menjaga amal terbaik

Pada zaman Rasul, sahabat-sahabat beliau punya amalan terbaik masing2 mereka sesuai dengan kemampuan dan dilakukan terus-menerus. Bilal bi Robba contohnya, punya amalan berupa tidak pernah ketinggalan dalam sholat 2 rakaat setiap selesai wudlu. Kita jugaharus mengupayakan amalan terbaik kita dengan cara menyempurnakannya dan menularkanya kepada orang lain. Agar amal tersebut menjadi karakter kita, harus banyak berlatih. Apalagi untuk menyambut Ramadhan, perbanyak latihan shaum dan qiyamullail serta ibadah yang lain.

3. Persiapan fikriyah

Suatu amal tidak lengkap jika tidak diawali dengan ilmu. Oleh karena itu, mulai sekarang programkan untuk membaca seputar ibadah Shaum Ramadhan (fikih shaum, dll). Baik dari buku2 ataupun majalah bahkan dari internet juga bisa.

4. Persiapan Jasad

Persiapan jasad juga jangan kita lupakan. Kita harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbnag serta olahraga yang teratur. Agar tubuh kita tidak kaget untuk shaum di bulan Ramadhan, perbanyak latihan shaum sunnah di bulan Rajab & Sya’ban.

5. Persiapan Maal (harta)

Sebaiknya, sebelum Ramadhan tiba kita sudah memiliki perbekalan maal yang cukup. Sehingga waktu kita lebih di fokuskan untuk ibadah. tapi hal ini dirasa agak sulit, bagi orang yang bekerja di perusahaan2 yang rute waktu kerjanya tidak berubah walaupun di bulan Ramadhan. Walaupun kerja juga adalah ibadah tapi harus bertekad memperbanyak taqaarrub ilallh di bulan Ramadhan. Kesiapan maal juga membantu kita agar banyak bersedekah di bulan Ramadhan yang pahalanya berlipat ganda.

Selain itu, kita juga persiapkan target-target yang ingin kita capai di Ramadhan nanti. Agar Ramadhan kita jalani dengan baik sesuai dengan target yang kita inginkan. Misalnya khatam al-qur’an, hafalan qur’an, dll.

Semoga Ramadhan nanti adalah Ramadhan terindah dan terbaik dalam hidup kita.

6 Tanggapan to "PERSIAPAN RAMADHAN"

Gak terasa. Sudah akan berjumpa pada ramadhan berikutnya.
Perlu siap2 juga nih🙂

Semoga kita dapat memaksimalkan diri kita dalam mempersiapkan Ramadhan shg tidak menyesal nantinya.

ramadhan oh ramadhan !
Jadi inget dosa-dosa ku yang segunung-gunung.

Yups, harus siap-siap menyambut ramadhan. Biar gak nyesel.

wah ternyata tinggal 2 bulan🙂

syukron atas kiriman tausiahnya. fatma bisa lebih aktif dan coba ke rekan-rekan untuk mulai berdakwah lewat internet. blognya bagus.

bisa bikin blog DKM Libassuttaqwa, dan jadi administratornya?…
klo bisa dtunggu comentnya

Jawaban : Insya Allah Fatma bisa. Ntar dibuatin dulu masalah kontennya kayanya harus dibahas lebih lanjut. Afwan dah lama ga bantu di ‘kampus’. see http://dkmlibaasuttaqwa.wordpress.com

mohon ijin diunduh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: