Izz@tuN-NiS@

KIAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Posted on: 21 Juli 2007

RamadhanSebagai seorang muslim seyogianya kita tidak menyia-nyiakan “musim ibadah” dan hendaknya kita termasuk orang-orang yang berlomba untuk memanfaatkan musim ibadah tersebut.

“… dan dalam hal itu, maka hendaknya orang berlomba-lomba.” (QS. Al-Muthaffifun: 26)

Pada dasarnya, orang-orang yang berkeinginan mulia serta mengikuti jejak semangat kaum salafus saleh akan sangat intensif memanfaatkan musim ibadah tersebut. Dan bagi kita dalam diri Rasulullah saw. Terdapat teladan yang bagus.

Karena itu, Semangatlah menyambut bulan Ramadhan sebegai kesempatan emas untuk melakukan ibadah kepada 4JJI dengan hal-hal berikut Ini:

1. Gembira dan Bahagia dengan Datangnya Ramadhan

Di dalam hadits sahih disebutkan bahwa Rasulullah saw. Memberikan kabar gembira kepada sahabat-sahabatnya dengan datangnya bulan Ramadhan:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh diberkahi 4JJI di dalamnya. Di mana 4JJI menurunkan rahmat, menghapuskan kesalahan-kesalahan dan memperkenankan doa, serta melihat kamu dalam berlomba-lomba di dalamnya, lalu Dia membanggakan kamu kepada malaikat. Maka perlihatkanlah dirimu kepada 4JJI dengan kebaikan. Sebab sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang terhalang dari rahmat 4JJI di dalamnya.”

Janji 4JJI dan seruan Rasulullah saw. itu dimaksudkan untuk memasukkan rasa senang dan bahagia dalam jiwa para pendengarnya.

2. Memperbanyak Do’a

Karena bulan Ramadhan itu bulan yang penuh berkah, hendaknya kita memohon kepadaNya agar dapat sampai pada bulan Ramadhan dalam keadaan sehat. Dengan nikmat kesehatan, kita akan mampu menjalani ibadah, baik itu puasa, tarawih, dzikir, dll. Sebab, betapa banyak orang yang menunggu Ramadhan, lalu datang ajal sebelum datangnya Ramadhan.

3. Memahami Ilmu dan Hukum Puasa Ramadhan

Hukum-hukum yang berkaitan dengan puasa Ramadhan termasuk ilmu yang tidak boleh tidak harus dipahami oleh setiap muslim.

“Dan sesungguhnya puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap individu, dan dengannya dia harusmengetahui tentang hal-hal yang menjadikanny sempurnanya puasa dan yang merusak nilai-nilai puasa. (Ibnu Abdilbar)

Karena itu, sambutlah puasa itu, dengan mempelajari kitab-kitab yang bermanfaat dan memperjelas apa yang ingin kita ketahui tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan bulan suci ini. Dan hendaknya juga berupaya mengajarkan hukum-hukum tersebut kepada keluarga dan lingkungan tetangga yang belum mengetahuinya agar memperoleh hikmah.

4. Menyusun Program Aktivitas Ramadhan

Jika sudah berlalu, Ramadhan tidak akan kembali, kecuali kita masih diberi kesempatan hingga tahun depan. Karena itu, jangan sampai terlewatkan dengan sia-sia. Untuk mengisinya, lakukanlah aktivitas-aktivitas yang akan mampu merealisasikan tujuan puasa Ramdhan (menjadi takwa)

(adopted from 30 Masalah Puasa untuk Wanita, Abu Anas Husen Al’Ali, Gema Insani Press)

21 Tanggapan to "KIAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN"

semoga kita dapat memanfaatkan ramadhan tahun ini dengan kesungguhan hati,janganlah kita termasuk orang yang rugi tatkala ramadhan berlalu, iya saya di bandung

Ramadhan sudah didepan kita tinggal tinggal bagaimana kita memanfaatkannya, Limpahan rahmat ada pada-Nya oleh karenanya mari kita berlomba untuk tingkatkan kualitas syiam kita dengan alunan doa semoga Allah swt berkenan memanjangkan umur kita shg bisa menatap dan melaksanakan kewajiban yang Allah perintahkan, amin yaa robbal alamin

Selain kiat-kiat diatas juga perlu Azam yang kuat untuk meraih kesuksesan dalam bulan ramadhan. Meraih lailatul qodar, Khatam Alqur’an, Mengahafal Alqur’an dan masih banyak lagi yag haru kita raih. dari itu semua ketaqwaanlah yang harus bertambah.

uhk di tambahin yah…doa2 yang sering dibaca/diamalkan Rosul agar saudara yang lupa dapat diingatkan demi mensyiarkan agama.

# Insya Allah ana usahakan, kalo mau kirim juga boleh lewat email ntar di posting ke blog ini.

Assalamualaikum. menarik sekali apa yang tertulis di blog ini, mudah mudah an ini dapat menjadi ajang silaturahmi sesama kita umat muslim.
untuk lebih menambah ukhuwawh kita sudi kiranya mencantumkan blog saya yang berisi tentang kajian khusus sholat di blogroll ini. insya allah nanti akan saya lingkan juga blog ini di blog saya … blog aktivitas sholat khusyu saya yaitu : http://www.setiyo.wordpress.com
jazzakumullah.
wassalam

🙂 gembira hati ini dalam ramadhan…

SUBHANALLAH BULAN RAMADAN ADALAH BULAN YANG PENUH DENGAN BERKAH DAN MAGFIROH.
BULAN SUCI RAMADAN SUDAH DI DEPAN MATA, MARI SAUDARA-SAUDARAKU KITA SAMBUT RAMADAN DENGAN MENINGKATKAN IBADAH KITA KEPADA ALLAH,

aslamualikum, warohmatulohi wabaroktu, alhadulilah bulan yang penuh berkah akan segeran datang dan semua umat islam wajib menunaikan ibadah puasa yang datangnya setahun sekli ini ,,,,,
dan bagi yang tinggal di kota atau para perantau selamat menunaikan ibadah puasa,,,,,,,

dan nuntuk yang ada di kota yang pasti kn lebih banyak pahala dri pada yang tingal di daerah krna klu di kota mah banyak ganguannya,,,,,

askum…!!
Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya`baana wa ballighnaa ramadhaana wa haashil maqaashidanaa

wasslmkm genggam erat ramadhan kali ini siapa th mjd ramadhan terkhir hiasi detik2 dlm kbrsmaan dg amal yg selalu lbh bk lg mengingat 11 bln yg prnh dosa & khilaf lwt bln yg pnh brkh ni.

askum…!!
Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya`baana wa ballighnaa ramadhaana wa haashil maqaashidanaa,Amiin!!

marhaban ya ramadhan…

ramadhan tlah tiba

ea pasti lakh …..

gembira nya hati ini , menyambut bulan ramadhan yank penuh berkah …….

marhaban ya ramadhan …………..

sambut ramadhan dengan persiapan terbaik ^^

Alhamdulillah wa syukurillah,,kta msih d p’temukan dg ramadhan th ni,,,mari kta tingkatkan ibadah kita dri yg sebelumnya,,,mari sambut dan laksanakan printah Allah ni nd meraih pahala serta keagungan sebanyak2 na,,,,,
smga kta m’dpatkan malam lailatul qadar.Amien,,,

semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran sehingga kita bisa menikmati hidanganNya di bulan penuh limpahan rahmat dan maghfirah ini sehungga mengantarkan kita menjadi pribadi yang taqwa…amin

[…] photo by: https://fatma1203.wordpress.com/2007/07/21/kiat-menyambut-bulan-ramadhan/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: