Izz@tuN-NiS@

You Are What You Read

Posted on: 23 Juli 2007

Kita yang akan567611253344733.jpg datang ditentukan oleh apa yang kita baca hari ini dan dengan siapa kita berteman. Kalimat itu aku dapat dari seorang trainer saat mengikuti training tentang kewirausahaan. Oleh karena itu dari sekarang kita mulai memilah-milah buku yang akan kita baca. Sungguh, bacaan (red. buku) yang kita baca jika benar-benar kita baca (dipahami, tidak hanya dibaca saja) sangat mempengaruhi persepsi kita tentang sesuatu hal. Mind set kita mula-mula dipengaruhi oleh yang pertama kali kita baca/ lihat. Dan selanjutnya otak kita akan mengolahnya. 🙂

Aku punya cerita tentang pengaruh sebuah bacaan dan komunitas terhadap pemikiran dan perilaku seseorang. Waktu aku masih duduk di kelas 2 SMA, ada salah satu teman (laki-laki) yang agak sedikit “berbeda’ dari teman-teman yang lain. Orangnya suka sekali ngobrol dan sesekali berdebat ketika apa yang diungkapkannya tidak sesuai atau tidak diterima oleh lawan bicaranya. Aku termasuk salah satunya. Seingatku, ia ngobrol dan memberikan wacana kepadaku tentang sekolah dan belajar. Intinya dia tidak terlalu sepakat dengan adanya sekolah dengan berbagai alasan yang menurutku tidak terlalu benar sepenuhnya dan aku pun memberikan pendapatku tentang itu. Karena ia tidak puas dan merasa pendapatnya tidak didukung, akhirnya aku diberi buku yang berjudul kalo ga’ salah “Sekolah adalah Candu”.

Aku kaget dan juga tersenyum-senyum saat membacanya yang ternyata apa yang dia ungkapakan sebagian besar berasal dari pemikiran di buku tersebut. Dan pada akhirya, suatu waktu dia mampu mempengaruhi teman-teman untuk berdemo di sekolah karena ada beberapa kebijakan sekolah yang menurutnya tidak berpihak pada siswa.

Dari sana aku sadar bahwa bacaan sangat mempengaruhi pemikiran, persepsi kita tentang sesuatu hal apapun itu. Kita boleh-boleh saja membaca sesuatu yang isinya yang kita sadari atau ketahui bahwa itu salah. Tapi hanya sebagai pengetahuan sepintas dan sebagai wacana saja. Tidak dijadikan sebagai rujukan. Bagi kita yang masih labil, mudah terpengaruh oleh apa yang kita baca, sebaiknya berhati-hati dan memilah bacaan yang akan dibaca.

Ketika kita membaca buku yang isinya positif, itu akan memberikan pengaruh positif bagi kita. Begitupun sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: