Izz@tuN-NiS@

Bergaul, Palang Meraih Sukses

Posted on: 27 Juli 2007

22910990878331.jpgBanyak orang sukses di negeri ini. Tetapi, tahu kan bahwa alat yang mereka pakai untuk meretas sukses juga sering kita gunakan. Orang yang sukses bisa jadi tidak terkenal. Tapi orang sukses bisa jadi kenal dengan bintang-bintang seperti seperti Donald Trump, atau David Beckham. Artinya, salah satu instrumen orang menjadi sukses adalah bergaul.

Ardian Syam, pengajar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dalam bukunya berjudul “Instrumen Orang Sukses”, menyinggung tentang world phenomenon. Istilah itu menyatakan bahwa setiap orang di dunia dapat terhubung melalui rantai pendek pertemenan. Konsep tersebut dikenal juga dengan istilah six degrees of separation.

Artinya, tidak banyak orang yang perlu dihubungi untuk mengenal seseorang. Tetapi, kita tidak mungkin bertemu orang itu kalau tidak mulai mengenal orang-orang di sebelah kiri-kanan atau di depan-belakang kita.

Adrian, yang ditemui saat acara bincang santai di Pasar Buku Murah 2007, di salah satu mal terbesar di Bandung, mengatakan, orang yang ingin sukses tentu akan meninggalkan jejaknya saat bergaul.

Karena jumlah penduduk di Indonesia semakin banyak, tidak mungkin kepala kita sanggup menyimpang nama-nama dan profesi setiap orang. Begitu pula hal yang akan dialami orang lain. Karena itu mulailah membuat kartu nama dan berikan pada setiap orang yang kita temui.

Kartu nama bisa dikatakan alat konvensional untuk melebarkan jalur pergaulan. Zaman sekarang terdapat alat multifungsi yang disebut dengan handphone (hp). Hp memiliki fitur untuk menyimpan nomer telefon. Fitur ini mungkin kalah pamor dibandingkan fitur pemutar lagu digital, foto digital, atau teknologi 3G meski manfaatnya luar biasa.

Hp yang memiliki kapasitas besar menyimpan nomer telefon menjadi cara yang mudah, murah, dan efektif untuk menyimpan nomor. Bayangkan jika kita mesti menulis satu per satu 200 kenalan kita di buku telefon atau menyimpan 200 kartu nama di meja kerja. Menurut Adrian, cara menyimpan nomer itu manual seperti itu akan membuat kita sibuk mengatur nama dan nomer ketimbang kerja lain yang lebih berarti.

Roda zaman yang semakin canggih lantas mengenal istilah dunia ini sebagai desa kecil. Istilah itu marak ketika lintas batas negara bisa ditembus dengan mudah oleh teknologi internet.

Internet masih menyediakan layanan gratis surat elektronik (e-mail). Melalui fasilitas ini kita bisa berkirim surat pada banyak orang dengan biaya yang murah. Hal itu dipermudah dengan munculnya fasilitas seperti mailing-list. Lewat fasilitas itu kawan bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki profesi, hobi, atau keinginan yang serupa.

Sejak tahun 1997, istilah web log atau blog mulai diperkenalkan. Awalnya, blog dipergunakan untuk menampilkan catatan harian seseorang. Tetapi makin ke sini orang menggunakan blog untuk memperkenalkan produk atau jasa yang hendak dijual.

Satu lagi, wahana pergaulan yang sempat heboh adalah situs Friendster. Kawan Kampus pasti sudah mengenal tentang ini. Situs tersebut memuat data dari sekitar 30 juta profil seluruh dunia. Karena itu, situs itu menjadi layanan jaringan sosial terbaik tahun 2004 versi Nielsen.

Menurut Adrian, contoh media pergaulan tadi bisa menjadi awal langkah kesuksesan seseorang. Fasilitas tadi tidak susah dicari jika kawan tinggal di kota besar. Tinggal mengukuhkan niat dan tetap fokus dalam menjalani cita-cita.***

(Agus Rakasiwi, Rubrik Kampus_Pikiran Rakyat Bandung, 5 Juli 2007)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: