Izz@tuN-NiS@

Spesialis dan Berwawasan Global

Posted on: 1 Agustus 2007

“Belajarlah, karena seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan pandai! Dan pemilik ilmu itu tidak sama dengan orang yang bodohbuku.jpg.”

Di era globalisasi dan teknologi informasi ini, kita dihadapkan dengan berbagai tantangan dan persaingan hidup. Era ini sangat memberikan dampak negaif maupun positif bagi kehidupan kita, bangsa dan Islam tentunya. Jika kita tidak mampu mengimbanginya maka kita akan tertinggal dan akan semakin terpuruk dibanding negara lain yang notabene adalah musuh-musuh Islam. Untuk meng-counter itu semua, PKS merumuskan tujuh karakter khusus sebagai Profil Kader PK Sejahtera, salah satu karakternyanya adalah Spesialis dan Berwawasan Global.

Karakter tersebut sebenarnya juga telah diterapkan di jaman Rasulullah Saw. Pendidikan yang ditananamkan Rasulullah Saw. terhadap para sahabatnya telah mencapai suatu derajat yang mampu menarik perhatian kita untuk selalu memerhatikan keterangan-keterangan dan keadaan mereka. Hal ini menunjukkan loyalitas mereka terhadap ilmu, menunjukkan pengetahuan mereka tentang tingginya kedudukan ilmu yang harus dicapai bahkan harus diprioritaskan agar bisa menjadi kajian ilmiah yang dapat dimiliki.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., Órang-orang mengatakan, bahwa orang yang paling banyak tahu adalah Abu Hurairah, dan memnag aku selalu bersama Rasulullah.”

Ambisi para sahabat terhadap ilmu begitu besar, sehingga pada saat-saat sibuk dengan urusan lain seperti perang fi sabilillah dsb, mereka mewakilkan kepada beberapa orang untuk tetap tinggal bersama Rasulullah Saw. dan mendengarkan hadist-hadist yang diucapkannya. Kemudian hal tersebut disampaikan kepada para sahabat yang telah kembali dari peperangan. Demikianlah cara mereka belajar. Tidak setiap orang mendengar ucapan Rasul, karena kesibukan dan urusan yang dihadapi, tetapi orang yang mendengarkannya pasti menyampaikannya kepada yang lain.

Inilah contoh profil kader yang diinginkan yaitu kader yang memiliki karakter keahlian spesialis tetapi berwawasan global. Inilah kader yang dapat mengemban amanah dakwah, karena terus mengoptimalkan potensi keahlian yang Allah karuniakan kepadanya.

Dengan spesialisasi, diharapkan kita fokus pada keahlian atau keterampilan tertentu sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Sedangkan berwawasan global diharapkan akan membuat kita tidak berpikir sempit dan ‘terkotak-kotak’, pada bidang tertentu, sehingga melupakan kepaduan pemahaman terhadap ilmu dan pengembangan dunia kontemporer. Spesialis berada dalam tataran aktivitas (amal), sedang global berada dalam tataran pengetahuan (fikroh).

Seperti diketahui, manusia memiliki tiga dimensi: dimensi fikroh, ruh dan amal. Ketika dimensi tersebut perlu dikembangkan dan kendalinya terdapat pada dimensi ruh (hati). Imam Ghazali menyebut dimensi ruh sebagai’raja’ yang mengatur dan mengendalikan dimensi manusia lainnya. Kita perlu mengembangkan dimensi amal dalam bidang muamalah agar semakin spesialis, dan diharapkan akan lebih lama menghabiskan waktunya pada bidang spesialisasi tertentu. Kita perlu mengembangkan dimensi pengetahuan (fikroh) agar semakin luas (global) sehingga memahami prinsip-prinsip disiplin ilmu yang bukan menjadi menjadi spesialisasinya dan memahami berbagai informasi yang terkait dengan pengembangan dunia kontemporer.

……………….. Insya 4JJI bersambung

2 Tanggapan to "Spesialis dan Berwawasan Global"

ngadem di sini… adem rasanya. aktivitas PKS yaa selamat berjuang dalam partai dakwah…

Oh, ternyata PKS to😉

saya garis bawahi yg berikut ini:
“Spesialis berada dalam tataran aktivitas (amal), sedang global berada dalam tataran pengetahuan (fikroh)”

Sepakats !!!😎

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: