Izz@tuN-NiS@

Yang Mesti Dilakukan pada Akhir Bulan Sya’ban

Posted on: 22 Agustus 2007

  • Menyiapkan hati dan jiwa menjelang bulan Ramadhan. Persiapannya dengan cara bertaubat kepada Allah, menyesali segala perbuatan yang melanggar perintah Allah, bertekad untuk konsisten, taat kepada Allah, dan mengambil manfaat dari beragam anugerah di bulan mulia ini.
  • Memperbaiki hubungan antar sesama, yaitu hubungan kita dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Hubungan dengan orangtua, kakak, adik dan kerabat/ saudara lainnya (paman, tante, dll), suami/istri, tetangga, teman, dan orang-orang yang kita kenal. Lebih baik lagi kalau kita me-list nama-namanya biar ga kelewat apalagi yang kita sadari banyak salah ke mereka. Medianya bisa lewat silaturahmi langsung (berkunjung), via telpon, sms, e-mail juga bisa. Saling memaafkan dan mengikhlaskan satu sama lain. Ya intinya kita berharap tidak memasuki bulan Ramadhan dengan permusuhan, yang berakibat pahala puasa kita ntar ditangguhkan sampai waktu tak tertentu.
  • Menebarkan kebahagiaan di hati orang-orang yang ada di sekitar kita, mengajak orang lain untuk mempersiapkan diri pada bulan Ramadhan, membagikan famplet atau buletin khusus yang berisi informasi tentang bulan Ramadhan (lewat weblog juga bagus!!! Sms juga), dan memberikan hadiah kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Semua ini insya Allah akan memberikan pengaruh yang baik di hati mereka.
  • Membaca dan menelaah kembali hukum puasa dan amal ibadah tertentu di bulan Ramadhan. Jika kita mengalami kesulitan dalam memahami, bisa bertanya pada ustadz atau orang yang lebih tau.

Nah 2 poin di ini buat mereka yang dah berkeluarga dan mempunyai anak, atau yang di rumahnya ada anak-anak.

  • Mempersiapkan mental anak-anak dalam menyambut datangnya Ramadhan, dengan cara menerangkan keutamaannya. Menganjurkan anak-anak untuk berpuasa dan menjanjikan hadiah bagi mereka yang baru pertama kali puasa atau yang puasanya penuh sesuai kesepakatan (Ingat janji harus ditepati walaupun kepada seorang anak kecil).
  • Meminta anak-anak untuk menuangkan ide mereka dalam bentuk kegiatan menghias rumah, jalan dan tempat-tempat tertentu dengan hiasan yang sesuai dengan syariat agama, sehingga semua orang bahagia menyambut kehadiran Ramadhan. Nah ini juga berlaku untuk kita yang aktif di kampus, kantor dan organisasi lainnnya.

Allahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’ban wa ballignaa Ramadhan

 

4 Tanggapan to "Yang Mesti Dilakukan pada Akhir Bulan Sya’ban"

Latihan fisik juga dong. mulai membiasakan puasa lebih sering. misal, yang tadinya senin-kamis jadi dua hari sekali. jaga kesehatan agar tidak sakit waktu ramadhan datang.

postingan yang bagus dan bermanfaat. salam kenal jugaa!!!

salam kenal makasih telah bertandang ke kebunku. Tenryata isi di sini full of dakwah… semoga manfaat.🙂

jazakillah tauziahnya. sangat bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: