Izz@tuN-NiS@

Kebiasaan Mencari “Kambing Hitam”

Posted on: 26 November 2007

Tanpa kita sadari, terkadang bahkan sering mencarikambing hitam” atas kegagalan yang kita alami. Penyakit inilah yang akan membedakan antara orang yang labil dan orang yang memiliki pendirian yang kuat. Orang yang lebih sukses, memiliki kecenderungan lebih sedikit untuk mencari “kambing hitam” kegagalan. Selalu ada alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Orang yang tidak memiliki kemajuan dan tidak mempunyai rencana untuk mencapai suatu hasil, selalu mempunyai banyak alasan untuk menjelaskan sebabnya. Orang dengan prestasi biasa-biasa saja cepat nmenjelaskan mengapa mereka tidak dapat, tidak pernah, tidak sanggup dan mengapa sekarang tidak berhasil.
Semua alasan bisa dibuat oleh semua orang, tetapi orang yang yang sukses tidak melakukannya walaupun ia dapat melakukan hal tersebut. Jika orang yang menderita penyakit ini telah memilih kambing hitam (alibi) yang “baik” bagi kegagalannya, ia mempertahankannya. Kemudian dia mengandalkan alibi tersebut untuk menjelaskan kepada dirinya dan orang lain mengapa ia tidak akan maju.
Dan setiap kali penderita menciptakan “kambing hitam”, itu tertanam lebih dalam di dalam pikiran bawah sadarnya. Pikiran, positif atau negatif, tumbuh semakin kuat jika diulang terus-menerus. Mula-mula penderita mengetahui bahwa alibinya tidak lain adalah suatu kebohongan. Tetapi semakin sering mengulang, ia semakin yakin bahwa alibi itu benar. Alibi itu menjadi alasan sesungguhnya mengapa ia tidak sesukses seharusnya.
Karena itu, langkah pertama dalam program berpikir tentang kesuksesan haruslah vaksinasi terhadap penyakit mencari “kambing hitam” kegagalan.

Penyakit kegagalan ini beragam bentuknya, tetapi jenis yang terburuk adalah menggunakan alibi kesehatan, kecerdasan, usia dan nasib.

“Tapi kesehatanku tidak baik”.
Kesehatan sering menjadi alibi untuk kegagalan kita. Mengeluhkan kondisi fisik kita yang kurang baik dan hal-hal negatif yang kita jadikan pendukung ketidaksuksesan kita. Vaksinasi terbaik untuk melawan alibi kesehatan adalah : menolak membicarakan tentang kesehatan anda, menolak untuk mencemaskan kesehatan anda, Mensyukuri dengan sungguh-sungguh bahwa kesehatan kita sangat baik serta sering mengingatkan diri bahwa “lebih baik terlambat daripada tergesa-gesa”. Hidup adalah untuk dinikmati.
“Tapi anda harus cerdas untuk berhasil.” Tidak seperti kebanyakan “kambing hitam” lain, penderita merasakannya diam-diam. Tidak banyak orang yang mengakui secara terbuka bahwa mereka merasa tidak memiliki kecerdasan yang memadai. Sebaliknya itu dirasakannya jauh di dalam hati. Kesalahan yang sering kita buat adalah terlalu menganggap rendah kemampuan otak sendiri dan terlalu menganggap lebih kemampuan otak orang lain. Karena itulah orang banyak yang gagal. Pikiran yang menuntun kecerdasan jauh lebih penting daripada berapa banyak kecerdasan yang anda miliki. Cara menyembuhkan penyakit kebiasaan mengkambinghitamkan kecerdasan adalah: tidak memandang rendah kecerdasan sendiri dan tidak memandang kecerdasan orang lain terlalu tinggi, ingat bahwa sikap lebih penting daripada kecerdasan dan kemampuan berpikir jauh lebih berharga dari kemampuan untuk mengingat fakta.

 (The Magic of Thinking Big by David J. Schwartz, Ph.D.)

5 Tanggapan to "Kebiasaan Mencari “Kambing Hitam”"

emang mba, sekarang kan lagi musim orang cari kambing buat hari raya kurban ya…ga nyambung nih hehehe

belajar mengkoreksi diri dan banyak2 bersyukur karna kesuksesan bukan segala2nya kepada Allahlah kita akan kembali.

salam canda buat mba fatma,,mba kok disini kambingnya warna coklat,,

Kambing Hitam…??
Siapa takut…
^_^

(Visit: http://www.putrapurnama.wordpress.com)

Memang, penghambat kesuksesan kan biasanya cari orang lain untuk di’tunjuk’ karena ‘dia’ tuh….padahal apa yang kita alami adalah hasil dari apa yang kita lakukan di dalam hati, fikiran dan kebiasaan sehari-hari. SO bercerminlah …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

RSS My New Blog – Fatmawiyah.web.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Keep Fighting & Do The Best For your Life

Blog Stats

  • 75,365 hits
%d blogger menyukai ini: